Pages

Sabtu, 02 Oktober 2010

tugas makalah tentang pasar dan pemasaran

BAB 1 PENDAHULUAN


1.1   Latar belakang

          Istilah kata  pasar dan pemasaran sering sekali dmana pun banyak di dengar dan kita jumpai. Pasar menurut dalam arti sempit adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual dan jasa.                           Disamping adanya pasar ada juga pemasaran, pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menetukan harga barang dan jasa.
Faktor penting  dalam menciptakan nilai tersebut adalah :
-         produksi
-         pemasaran
-         konsumsi
Hubungan antara pasar dan pemasaran sangatlah berkaitan karena semua berhubungan antara penjual dan pembeli.

1.2   Tujuan
-         melihat perbandingan dari pengertian pasar dan pemasaran
-         mempelajari tentang pasar dan pasar


























BAB II PEMBAHASAN


            2.1 Pengertian Pasar
                        Pengertian pasar menurut dalam arti sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
                        Definisi pasar secara luas menurut W.J. Stanton adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serata kemauan untuk membelanjakannya.

Syarat-syarat terjadinya pasar :
1. Ada tempat untuk berniaga
   2. Ada barang dan jasa yang akan di perdagangkan
            3. Terdapat penjual barang tertentu
            4. Adanya pembeli barang
            5. Adanya hubungan antara transaksi jual beli

Pengertian  pasar secara khusus :
            1. sebagai sarana distribusi
                        Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya pada konsumen.

            2. sebagai pembentuk harga
                        Dipasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah harga.            

            3. sebagai sarana promosi
                        Dengan berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.

               Contoh Pasar :
-         Pasar Tradisional
-         Pasar Modern
-         Bursa kerja
-         Bursa Efek

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual dan pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar,bangunan biasanya terdiri dari kios atau gerai dan dasarnya terbuka yang dinuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar .

Pasar Modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung melainkan pembeli meliht label harga yang tercantum dalam barang  (barcode), berada dalm bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri atau dilayani pramuniaga .

Pasar menurut jenisnya :
1.      pasar konsumsi
2.      pasar factor produksi

pasar menurut jenis barang yang dijual ;
1.      pasar menurut lokasi
2.      pasar menurut hari
3.      pasar menurut luas jangkauan
4.      pasar daerah
5.      pasar local
6.      pasar nasional
7.      pasr internasional

pasar menurut wujud :
1.      pasar konkret
2.      pasar abstrak

            2.2  Pengertian Pemasaran
                        pengertian pemasaran menurut kotler (2000:8) pemasran adalah proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapat apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,menawarkan dn mempertukarkan produk dengan pihak lain.
            Definisi pemasaran tersebut berdasarkan pada prinsip inti yang meliputi : kebutuhan (needs) produk (goods,services and idea),pemintaan (demands), nilai, biaya, kepuasaan, pertukaran, transaksi hubungan dan jaringan, pasar,pemasar serta prospek


Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi cara dan keberhasilan pemasarannya yaitu :
1.      lingkungan eksternal system pemasaran
2.      variable internal system pemasaran

Konsep Pemasaran
         Konsep pemasaran juga menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif dari pada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasan guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan pasar sasaran (kotler,1997) konsep pemasaran ini. Konsep pemasaran ini bersandar pada empat pilar yaitu : pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terpadu dan profitabilitas

.PENUTUP

 Kesimpulan

Setelah menyelesaikan seluruh isi makalah tentang pengertian pasar dan pemasaran, saya menyimpulkan pasar adalah tempat untuk mempertemukan penjual dan pembeli untuk transaksi jual beli bararang dan jasa.sedangkan pemasaran adalah suatu proses kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan individu melalui proses pertukaran.

          Saran
                        Tak ada makhluk yang dapat sempurna didunia ini, begitu juga makalah ini, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi perbaikan penulisan di masa mendatang.


     





























Daftar pustaka