Pages

Sabtu, 02 Oktober 2010

definisi sistem operasi dan macam-macam sistem operasi

Definisi sistem operasi secara umum dan macam-macam sistem operasi

Sistem Operasi
Sistem operasi atau dalam bahasa inggris : operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umumtersebut dinamakan dengan “kernel” suatu sistem operasi.

Macam-macam sistem operasi:

System Operasi Linux :
Linux merupakan asas kepada kombinasi program-server LAMP, kependekan dari Linux, Apache, MySQL, perl/PHP/Python. LAMP telah mencapai popularitas yang luas di kalangan pengembangan web. Linux juga sering digunakan sebagai sistem operasi embedded.

Sistem operasi Microsoft windows :
Misrosoft windows atau lebih di kenal dengan sebutan windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).