Pages

Minggu, 03 Oktober 2010

Tugas Makalah Pemasaran VS Penjualan

BAB I PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

            Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar Pemasaran, yang isinya membahas pengertian pemasaran dan penjualan serta perbedaan dan persamaan antara pemasaran dan penjualan. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharuskan memahami ruang lingkup yang di bahas dalam pembahasan ini.maka dari itu mahasiswa diberikan tugas kepada dosen nya untuk membuat makalah ini.
            Seringkali kita mendengar  banyak orang mengatakan pengertian antara penjualan dan pemasaran ini adanya kesamaan ,padahal pemasaran ini hanyalah kegiatan bisnis yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikanbarang dan jasa. Sedangkan penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategi yang digunakan usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan laba.



1.2  Tujuan :
-         untuk mempelajari dan memahami pengertian antara pemasaran dan penjualan
-         untuk melihat perbedaan antara pemasaran dan penjualan
-         untuk melihat persamaan antara pemasaran dan penjualan











BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian pemasaran

            Pemasaran menurut W Stanton adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang di tunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
            Pemasaran adalah suatu proses social dan manejerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain (kotler, 1997).
            Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yaitu meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).
            Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan pasar sasaran (kotler,1997).
Ada tiga factor penting yang digunakan sebagai dasar dalam konsep pemasaran (swasta, 1996) :
  1. orientasi konsumen
  2. koordinasi dan integrasi dalam perusahaan
  3. mendapatkan laba melalui pemuasan konsumen

2.2 Pengertian Penjualan

            Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991).
            Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat di peroleh laba serta usaha memikat konsumen yang di usahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang dihasilkan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan penjualan :
  1. kondisi dan kemampuan penjual.
Transaksi jual beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan jasa itu prinsipnya melibatkan dua pihak, yaitu penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua .

  1. kondisi Pasar.
Pasar, sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya.
Factor-faktor kondisi pasar :
a.       jenis pasarnya
b.      kelompok pembeli atau segmen pasarnya
c.       daya belinya
d.      frekuensi pembelian
e.       keinginan dan kebutuhan
  1. Modal
Akan lebih sulit bagi penjualan barangnya apabila barang yang di jual tersebut belum dikenal oleh calon pembeli, atau apabila lokasi pembeli jauh dari tempat penjual.untuk melaksanakan maksud tersebut diperlukan adanya saran serta usaha.
      
  1. Kondisi Organisasi Perusahaan
Pada perusahaan besar biasanya masalah penjualan ini di tangani oleh bagian tersendiri (bagian penjualan ) yang dipegang orang-orang tertentu.

  1. faktor lain.
Faktor-faktor lain seperti periklanan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah, sering mempengaruhi penjualan.


Perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan
            Didalam konsep pemasaran perusahaan menjajaki apa uang diinginkan oleh konsumen dan kemudian berusaha mengembangkan produk yang memuaskan keinginan konsumen dan sekaligus memperoleh laba. Disini perusahaan menyesuaikan supply mereka untuk memenuhi permintaan konsumen. 
Sebaliknya konsep penjualan, sebuah perusahaan membuat produk dan kemudian mendayagunakan aneka metode penjualan untuk membujuk konsumen membeli produknya.ini berarti bahwa perusahaan mengarahkan permintaan konsumen agar sesuai dengan supply yang diajukan.



Penjualan
Pemasaran
1.                  tekanan pada produk
2.                  perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka –reka bagaimana menjualnya.
3.                  manajemen berorientasi ke volume penjualan
4.                  perencanaan berorientasi

1.                  tekanan pada keinginan konsumen
2.                  perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
3.                  manajemen berorientasi ke laba usaha.
4.                perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan datang.



Persamaan antara pemasaran dan penjualan
            Pemasaran (marketing): system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang di tunjukan untuk merencanakan, nenentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen.
            Penjualan (sales ): suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang di arahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilakan laba.
- Divisi pemasaran dan penjualan berdiri sendiri/terpisah
- Ruang lingkup lebih luas pemasaran dari pada penjualan.









PENUTUP

 Kesimpulan

Setelah menyelesaikan seluruh isi makalah tentang pengertian pemasaran dan penjualan , pemasaran adalah suatu proses kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan individu melalui proses pertukaran.sedangkan penjualan adalah suatu usaha untuk mengembangkan rencana-rencana strategis untuk pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli,guna mendapatkan laba. Serta perbedaan dari penjualan dan pemasaran bias dilihat dari tekanan pada produk dan tekanan pada keinginan konsumen dan persamaannya biasa dilihat dari ruang lingkup lebih luas pemasaran dari pada penjualan .



          Saran
                        Tak ada makhluk yang dapat sempurna didunia ini, begitu juga makalah ini, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi perbaikan penulisan di masa mendatang.







DAFTAR PUSTAKA