Pages

Jumat, 20 Mei 2011

Topi - Topi Terunik Di Dunia


Caping ( Topi Khas Indonesia )

Salah satu ciri khas Petani Indonesia adalah mengenakan Topi yang terbuat dari bambu dan berbentuk seperti kerucut, Topi ini berfungsi sebagai pelindung kepala dari terik Matahari. Istilah lain menyebutkan "Caping Tani".
Topi khas petani ini banyak dijumpai di wilawah Jawa, baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Namun sampai dengan saat ini belum di temukan informasi sejak kapan masyarakat Indonesia khususnya para petani mengenakan "Caping Tani".

Sedangkan masyarakat Halmahera Utara menyebutnya dengan istilah "Tolu", bentuknya hampir mirip dengan caping tani yang ada di jawa, hanya saja Tolu berbahan dasar pelepah pinang yang sudah dahulu dikeringkan.

Karena keunikannya, masyarakat Dataran Tinggi Dieng, Kab. Wonosobo dan Kab. Banjarnegara menjadikan Topi Tani / Caping sebagai kerajinan khas yang banyak diminati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.
Kerajinan khas lain yang sedang dikembangkan di kawasan Dataran Tinggi Dieng seperti, Seni Kerajinan Batik Kayu, Keris Batik, Miniatur Candi, Topeng dan Berbagai perna menarik lainnya.




Sombrero ( Topi Khas mexsiko)

Bagi kalian yang menyaksikan Java Jazz 2011 lalu, masih ingat dengan Santana? Ciri khas maestro gitar tersebut selalu tampil dengan topi di atas panggung.
Yah, itulah topi Panama yang lekat dengan Santana. Hampir di setiap penampilannya, Carlos Santana mengenakan topi yang aslinya berasal dari Ekuador tersebut. Kini, banyak yang memakai topi Panama. Sekedar menambahkan sebagai aksesoris dalam gaya busana mereka, sementara ada juga musisi yang memakainya ketika tampil di atas panggung. Ah, semua sah-sah saja.
Topi ini sebenarnya sudah popular sebagai hasil kerajinan khas Ekuador di awal 1930-an. Mulai semakin dikenal orang ketika banyak tokoh penting dunia memakainya, sebut saja Presiden AS Theodore Roosevelt, Harry S. Truman, aktor Sean Connery dan lain-lain. Kini, tidak kurang Jason Mraz dan Bruno Mars pun ikut mengenakan topi yang fenomenal ini.
Di Amerika Latin, topi memang jadi identitas. Meksiko dengan topi Sombrero dan Ekuador dengan topi Panamanya menjadi salah satu yang mendunia. Nah, tertarik memakainya juga?




BearSkin (Topi Khas Inggris)

Satu lagi nih topi berbulu yang bentuknya unik, namanya Bearskin. Topi ini adalah bagian dari seragam prajurit yang menjaga pintu gerbang istana di kerajaan Inggris. Dulunya topi ini dipakai prajurit infantri Inggris pada abad I7. Bentuknya yang tinggi ke atas, berfungsi untuk melindungi kepala prajurit dari serangan bayoret.topi ini terbuat dari kulit beruang kanada bisa kuat sampai 100 tahun loh,,,,wawwww

Deerstalker (Topi khas scotlandia)


Topi tradisional Negara Scotlandia ini memang didesain untuk berburu di hutan yang basah dan berangin. Jadi, bentuknya panjang di depan dan belakang sehingga kepala dan rambut pemakainya nggak kebasahan. Topi ini jadi terkenal sejak dipakai oleh tokoh detektif ternama, Sherlock Holmes.





Ushanka (Topi khas Rusia)



Topi berbulu tebal ini adalah topi tradisional asal Rusia. Ushanka selain jadi penghias, juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari udara dingin. Makanya bentuknya seperti menyelimuti seluruh bagian kepala. Bahkan ada penutup telinga di bagian sampingnya. Sampai sekarang Ushanka adalah simbol bagi masyarakat Russia sehingga selalu dipakai pemimpin Negaranya saat kunjungan ke luar negeri.