Pages

Jumat, 08 Oktober 2010

Elearning online (media pembelajaran virtual)

Universitas Gunadarma sebagai salah satu universitas swasta yang yang ada di Indonesia semakin mengembangkan kurikulumnya guna besaing dengan universitas-universitas yang lainnya.perkembangan teknologi dan informasinya juga semakin pesat berkembangnya. Untuk itu universitas gunadarma memberikan kemudahan kepada mahasiswanya dan untuk mengembangkan kemampuan teknologi di universitas gunadarma menyediakan beberapa layanan online seperti baak online, elearning online,studentsite online, library online, seminar online dan masih banyak lagi.
Kali ini saya akan membahas salah satu layanan online yang ada di universitas gunadarma, salah satu yang akan saya bahas yaitu elearning online yang merupakan media pembelajaran virtual bagi mahasiswa. E-learning adalah sebuah pembelajaran secara jarak jauh (distance learning).elearning juga sering disebut dengan sebuah pembelajaran yang berbasis web yang diakses melalui internet.
Dalam hal ini aplikasi dan materi dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan distribusikan melalui media CD/DVD. Setelah media CD/DVD didistribusikan kepada mahasiswa. Maka mahasiswa tersebut bisa belajar dimana pun tempat nya berada. Ada beberapa pengertian yang berkaitan dengan elearning sebagai berikut : 1. pembelajaran jarak jauh 2. pembelajaran dengan perangkat computer 3. pembelajaran formal vs informal 4. pembelajaan yang ditunjang oleh para ahli.
Elearning juga mempunyai menu-menu yang terhubung langsung dengan layanan online,seperti ebook, sap online, v-class, material, i-lab. menu ini memudahkan kepada mahasiswa untuk mencari tahu tentang modul, materi,serta test-test soal untuk di pelajari mahasiswa tersebut. Di elearning ini mahasiswa bias belajar dengan modul-modul yang ditawarkan. Mahasiswa juga bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan, serta juga bisa melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur nara sumber lainnya, dan pembelajaran lain. Mahasiswa juga bisa melihat nilai tugas dan test dari Lsm ini. Elearning bukan semata-mata oleh mesin tapi seperti pembelajaran secara konliensional dan ditunjang oleh para ahli di bidang yang terkait. Demikian pembahasan saya mengenai elearning online. Adapun link elearning online yaitu http://elearning.gunadarma.ac.id  .