Pages

Senin, 09 Juni 2014

ESSAY DAN JAWABAN BAB 7,8 DAN 9



1.      Apa saja sumber arus kas induk ?
Jawab :
pinjaman dari induk perusahaan, dividen, biaya lisensi, beban overhead, royalty, harga transfer untuk pembelian dari atau penjualan kepada induk perusahaan, dan estimasi nilai akhir proyek.

2.      Sebutkan tiga isu yang  ada dalam pengendalian keuangan?
Jawab :
- Sistem Pengendalian Domestik Vs Multinasional
-  Penganggaran Operasional
-   Analisis Perubahan Kurs

3.      Apa yang dimaksud dengan Struktur sistem pengendalian manajemen?
Jawab :
komponen-komponen yang berkaitan dengan lainnya yang secara bersama-sama membentuk sistem.

4.      Apa yang dimaksud dengan harmonisasi ?
Jawab :
proses untuk meningkatkan kompatibilitas (kesesuaian) praktik akuntansi dengan menentukan batasan-batasan seberapa besar praktik-praktik tersebut dapat beragam.

5.      Sebutkan 4 keuntungan harmonisasi internasional ?
Jawab :
1.  Pasar modal menjadi global dan modal investasi dapat bergerak di seluruh dunia tanpa hambatan. Standar pelaporan keuangan berkualitas tinggi yang digunakan secara konsisten di seluruh dunia akan memperbaiki efisiensi alokasi modal.
2.  Investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih baik; portofolio akan lebih beragam dan risiko keuangan berkurang.
    3.  Perusahaan-perusahaan dapat memperbaiki proses pengambilan keputusan strategi dalam bidang merger dan akuisisi.
4.  Gagasan terbaik yang timbul dari aktivitas pembuatan standard pat disebarkan dalam mengembangkan standar global yang berkualitas tertinggi.

6.      Sebutkan tujuan dari IASB ?
1.Untuk mengembangkan dalam kepentingan umum, satu set standar akuntansi global yang berkualitas tinggi, dapat dipahami dan dapat diterapkan yang mewajibkan informasi yang berkualitas tinggi, transparan, dan dapat dibandingkan dalam laporan keuangan.


2. Untuk mendorong penggunaan dan penerapan standar-standar tersebut yang ketat
Untuk membawa konvergensi standar akuntansi nasional dan Standar Akuntansi Internasional dan Pelaporan Keuangan Internasional kearah solusi berkualitas tinggi

7.      Jelaskan tujuan penerapan IFRS ?
Jawab :
memastikan bahwa penyusunan laporan keungan interim perusahaan untuk periode-periode yang dimasukkan dalam laporan keuangan tahunan, mengandung informasi berkualitas tinggi.

8.      Jelaskan apa yang dimaksud analisis laporan keuangan ?
Jawab:
Merupakan proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu mengevalusi posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan pada masa sekarang dan masa lalu, dengan tujuan untuk menentukan estimasi dan prediksi yang paling mungkin mengenai kondisi dan kinerja perusahaan pada masa mendatang.

9.      Jelaskan Tujuan dari  analisis keuangan ?
Jawab :
untuk mengevaluasi kinerja perusahaan pada masa kini dan masa lalu dan untuk menilai apakah kinerjanya dapat dipertahankan.

10.  Sebutkan jenis-jenis analisis rasio ?
Jawab :
1.      Rasio likuiditas
2.      Rasio solvabilitas
3.      Rasio protabilitas