Pages

Sabtu, 23 Oktober 2010

Studentsite Universitas Gunadarma

Layanan online Studentsite

           






Di universitas Gunadarma ada sebuah layanan online bernama studentsite. Layanan via online ini launcing pada tanggal 23 november 2006 dalam waktu satu minggu setelah kegiatan sosialisasi di Auditorium Universitas Gunadarma. layanan via online ini memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk menjalankan studi  para mahasiswa Universitas Gunadarma serta layanan ini pun bisa dilakukan dimana saja. Dengan membuka http://studentsite.gunadarma.ac.id kita bisa melihat fasilitas yang diberikan.
            Studentsite ini adalah fasilitas yang berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma dan masih aktif. Dengan fasilitas ini, membantu mahasiswa untuk mengetahui berbagai informasi, kegiatan perkuliahan dan tugas-tugas dalam perkuliahan. Karena itu layanan ini sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma. didalam layanan studentsite, kita dapat menuju link yang berhubungan langsung dengan studentsite.
            Dalam studentsite mahasiswa dapat membaca berita-berita terkini tentang Universitas Gunadarma yang juga dimuat disitus resmi Universitas. Selain itu segala berita akademis yang bersumber dari BAAK juga dapat dipantau dalam suatu fitur studentsite yaitu LOCKER.
Fitur LOCKER ini juga menyimpan pesan dosen (lecture message) yang diberikan dosen kepada mahasiswa yang bersangkutan, rangkuman nilai, jadwal kuliah dan jadwal ujian. Jadi dengan hanya membuka locker mahasiswa bias tahu semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma.
selain Loker, studensite juga memuat fitur “ADDRESS BOOK” yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola alamat-alamat email kolega dari mahasiswa yang bersangkutan.
Fitur bermanfaat lainnya yang dapat digunakan adalah CALENDAR. Fitur ini memungkinkan si mahasiswa mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan. Mahasiswa juga dapat menyimpan dan mengelola file-file yang dimilkinya dengan fitur FILE MANAGER.
Fitur lain yang juga menjadi daya tarik dari fasilitas STUDENT SITE adalah FORUM. Mahasiswa dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan rekan-rekan sejawatnya melalui fitur ini. Fitur lain yang satu haluan dengan fitur FORUM, adalah POLLS. Dengan fitur ini, mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi.
Selain itu, mahasiswa juga memperoleh fasilitas email dengan kapasitas 100MB. Fitur email ini dapt diakses dalam satu layer (window) aplikasi dengan studentsite, sehingga mahasiswa tidak perlu mengaktifkan apikasi browser lagi untuk melihat ataupun membuat surat elektronik. Fitur ini juga menyediakan komponen yang sudah umum seperti filtering, managing folder, deleting, dan lainnya. Kapasitas yang besar juga membuat mahasiswa lebih fleksibel untuk mengatur aktivitas surat meyurat elektroniknya.
            Fitur BOOKMARK adalah fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini si mahasiswa dapat menyimpan URL situs favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.
Menu Layanan yang ada pada Studentsite adalah :

-          HOME : layanan ini adalah halaman utama studensite yang berisikan kalender akademik di uiversitas gunadarma.
-          WWW NEWS : layanan ini berisi tentang berita-berita
-          BAAK NEWS : layanan ini berisi tentang info-info terbaru tentang kegiatan perkuliahan dan pengumuman-pengumuman.
-          Lecture Message : layanan ini berisi tentang tugas-tugas yang diberikan oleh dosen sofskill, dan juga informasi –informasi yang tertuju pada mahasiswa tersebut.
-          Rangkuman Nilai : layanan ini berisi tentang rangkuman nilai-nilai yang diperoleh oleh mahasiswa universitas Gunadarma.
-          Jadwal Kuliah : Layanan Ini berisi tentang jadwal perkuliahan.
-          Jadwal ujian ; layanan ini berisi tentang jadwal-jadwal ujian
-          Bebas perpustakaan
-          Surat keterangan
-          Informasi Absensi : layanan ini berisi tentang informasi absensi (fasilitas ini haya berlaku bagi mahasiswa mulai tahun angkatan 2007)
-          Pendaftaran  Lomba Blog : layanan untuk mendaftarkan diri pada kompetisi blog
-          Info Seminar : layanan ini berisi tentang informasi adanya seminar.
-          Tulisan (UG Portofolio) : layanan ini berfungsi untuk menulis berbagai macam artikel atau tugas-tugas selain mata kuliah softskill.
-          Tugas (UG Portofolio) : layanan ini berfungsi untuk tugas-tugas mata kuliah softskill.
-          Deposit Library : layanan ini berfungsi untuk mengupload penulisan.
-          Warta Warga : layanan ini hamper mirip dengan facebook berisi tentang info atau obrolan warga Universitas Gunadarma.
-          Blog komunitas perbankan : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas perbankan
-          Blog komunitas Linux : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas linux
-          Blog komunitas fotografi : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas fotografi
-          Blog komunitas robotika : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas robotika
-          Blog komunitas arsitektur : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas arsitektur
-          Blog komunitas ekonomi syariah : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas ekonomi syariah
-          Blog komunitas pasar modal : layanan ini untuk menghubungkan ke blog komunitas pasar modal.

Tampilan studentsite sangat baik dan mudah dipahami, bagi para pemula (mahasiswa baru) tidak akan banyak menemui kesulitan karena tampilan dan desain studentsite yang mudah dimengerti dan mudah dioperasikan.

Untuk menuju studentsite Universitas Gunadarma dapat melalui http://studentsite.gunadarma.ac.id