Pages

Sabtu, 09 April 2011

Gaya Sehat Kontrol Kolesterol


            Mencegah lebih baik dari pada mengobati demikian kata pepatah lama. Penyakit dari pada di biarkan berkembang hingga kronis, lebih baik di cegah selagi bisa.hal itu dapat dilakukan dengan berbagai cara, ternasuk dengan mengatur asupan makanan dan rajin berolahraga.
            Namun mempertahankan gaya hidup sehat sering kali penuh tantangan dan godaan. Kesibukan kerja, banyak makan makanan berlemak dan minum, dan minum olahraga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan jangka panjang. Salah satu dampak negatif gaya hidup tidak sehat adalah membuat kadar kolesterol dalam darah melonjak drastis.
             Koesterol adalah suatu zat lemak yang di produksi hati dan beredar didalam darah. Tubuh manusia memerlukan kolesterol untuk menghasilkan empat zat. Pertama adalah hormon seks, yang mengendalikan perkembangan dan fungsi organ seksual kedua adalah hormon korteks adrenal, yang berfungsi membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.
            Ketiga adalah Vitamin D yang berperan meningkatkan penyerapan kalsiu, mneral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Keempat adalah empedu, yang bertugas membantu usus menyerap lemak. Terdapat dua jenis kolestrol yang di produksi tubuh, yaitu low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lopoprotein (HDL). Menurut laurance s sperling,md, direktur penjegah penyakit jantung di Emory university school of medicine, Atlanta, Amerika serikat, L dalam LDL dan HDL dikalangan masyarakat umum, yang menyebutkan :
Kiat Kendalikan Kadar Kolesterol

Tingginya kadar kolestrol dapat di tanggulangi dengan enjalani gaya hidup yang sehat dan seimbang. Berikut adalah tips-tips menjalani diet rendah berkolesterol yang jika diimbngi dengan olahraga dan istirihat yang teratur dan cukup, dapat mengendalikan kadar kolesterol.
  • Berhenti Merokok
Terhentinya konsumsi rokok dapat membantu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dalam darah.
  • Kendalkan Berat Badan
Obesitas dapat mengakibatkan meningkatnya kolesterol LDl dan menurunkan Kolesterol HDL, terutama jika Kelebihan berat berada didaerah perut.
  • Hindari atau kurangi asupan kolesterol
kolesterol dapat ditemukan pada sumber protein hewani seperti daging. Kuning telur,dan makanan laut ( kecuali iklan). Jika ingin makan daging sisihkan lemak atau kulitnya.
  • Batasi Konsumsi minuman beralkohol
Minum lebih dari dua gelas minuman beralkohol sehari dapat menimbulkan berbagai resiko masalah kesehatan, termasuk gagal jantung.
  • kurangi asam lemak trans
lemak trans, umumnya ada dalam gorengan dan biskuit, dapat mengurangi HDL dan mendongkrak LDL
  • tingkatkan konsumsi serat
gandum, buah-buahan, sayuran, dan polong-polongan mampu membantu pengurangan  kolesterol LDL dan meningkatkan Hdl kolesterol konsumsilah serat minimal dua kali sehari.
  • Tingkatkan konsumsi asam lemak omega-3
Asam lemak omega -3 dalam ikan seperti salmon, tuna, makrel, dan cod mampu mendongkrak kadar HdL