Pages

Sabtu, 25 Desember 2010

Tugas Dasar pemasaran soal ujian tengah semester

Tugas Dasar Pemasaran mengenai soal Ujian Tengah Semester
Nama : putri khoirunnisa
Kelas : 1EB13
Npm : 25210455

1. Jelaskan tentang  perkembangan dari konsep pemasaran, dan berikan contoh penerapan nya di bidang pemasaran produk / jasa tertentu.

Jawabannya :

Peran pemasaran sangat penting dalam setiap kegiatan bisnis, pemahahaman pengertiannya tidaklah seragam karena pengaruh beberapa faktor. Lingkungan, kondisi, pasar, sifat produk, dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yang dianut oleh masing-masing perusahaan tidaklah sama. Konsep pemasaran perusahaan falsafah atau anggapan yang dipercaya oleh perusahaan sebagai dasar dari setiap kegiatannya untuk melayani kebutuhan konsumen. Konsep pemasaran ini dalam perjalanan waktunya mengalami perkembangan (evolusi pemikiran ). Perkembangan adalah sebagai berikut :


                    produksi → produk  → Penjualan  → pemasaran →  Pemasaran-sosial → pasar

      Skema 1.3 perkembangan konsep pemasaran


          Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi (internal ) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah. Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efisien biaya (produksi dan distribusi) agar dapat menjual barang dengan murah kepada konsumen.Konsep produksi :
Konsep produk :
         Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik. Dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah pengendalian kualitas.
Konsep penjualan :
Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal ) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan dapat meningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang intensif agar mampu mempengaruhi, membujuk (bahkan mungkin memaksa) konsumen untuk membeli sehingga penjualan dapat meningkat.

Konsep pemasaran yang memasyarakat (sosial) :
          Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan keputusan.
Konsep pemasaran yang memasyarakat (sosial)
          Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen.
Konsep pasar :
         Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing-pesaing perusahaan (persaingan pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.
Contoh penerapan dibidang pemasaran produk/jasa :
- perkembangan penekanan kepentingan perusahaan atas bisnis nya.





2. Jelaskan tentang sistem dan lingkungan pemasaran secara lengkap dan gambarkan skema dan berikan contoh penerapannya dibidang pemasaran produk / jasa tertentu.

  Jawabannya :

Sistem pemasaran merupakan teori relatif yang berusaha menjelaskan pola keteraturan antar hubungan (interrelasi) dan ketergantungan (interdependensi) bagian- bagian atau elemen-elemen yang membentuk secara keseluruhan.

      Sistem pemasaran ada 3 :
- Sistem pertukaran :
            Adalah salah satu cara manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan akan produk atau jasa tertentu.
-  Sistem ekonomi  :
            Adalah struktur dan pola keterkaitan antara pelaku-pelaku ekonomi (pemerintah, bisnis swasta, industri, koperasi, pemodal, rakyat ) yang saling melakukan transaksi  pertukaran barang dan jasa.

- Sistem Pemasaran
            Adalah pola hubungan dari pelaku-pelaku kegiatan pemasaran yang mempunyai tujuan transaksional tertentu.

Lingkungan pemasaran
                        Adalah struktur dari system pemasaran terbentuk oleh dua komponen subsistem lingkungan utama. Yaitu subsistem lingkungan internal dan subsistem lingkungan eksternal.



 Linkungan internal :
            Adalah kegiatan internal perusahaan yang dapat dikendalikan artinya , untukmencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran.

Lingkungan internal ada 2 :
internal –pemasaran (bauran pemasaran )
pada umumnya aspek pemasaran meliputi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengam :
  1. perencanaan barang (product)
  2. penetapan harga ( price )
  3. program promosi ( promotion ), dan
  4. saluran distribusi ( place)


lingkungan internal – Nonpemasaran
aspek nonpemasaran adalah kegiatan-kegiatan fungsional atau operasi perusahaan ( selain kegiatan pemasaran ). Antara lain adalah :
  1. produksi
  2. personalia
  3. keuangan
  4. penelitian dan pengembangan
  5. Administrasi dan sebagainya


lingkungan Eksternal
            Adalah pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau kendali pemasar.

Lingkungan eksternal ada 2 :
lingkungan eksternal – makro
  1. kondisi perekonomian
  2. hukum, politik dan peraturan pemerintah
  3. kependudukan dan keseimbangan lingkungan
  4. teknologi
  5. social dan kebudayaan

lingkungan eksternal – mikro

contoh penerapan di bidang pemasaran produk / jasa :

antara pager dengan hp dulu orang sebelum adanya handphone selalu menggunakan pager tapi karena pager hanya dapat menerim suatu pesan singkat maka orang dizaman sekarang banyak menggunakan handphone dibanding pager karena handphone banyak sekali manfaatnya selain bisa untuk berkomunikasi, mengirim pesan, dan mengakses internet,,jadi orang lebih memilih handpone



3. factor-faktor lingkungan apa saja membentuk system pemasaran dan berikan salah satu contoh yang menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan pemasaran terhadap kegiatan pemasaran suatu produk / jasa tertentu.

Jawaban :
lingkungan internal dan lingkungan eksternal

Lingkungan internal
            Adalah kegiatan internal perusahaan yang dapat dikendalikan artinya , untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran.

lingkungan Eksternal
            Adalah pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau kendali pemasar.

Contohnya :

Perusahaan transportasi atau pergudangan



4.    jelaskan tentang perilaku pasar konsumen dengan menggunakan salah satu model proses pengambilan keputusan pembelian dan gambarkan skema nya serta berikan contoh penerapannya pada proses pengambialn keputusan pembelian suatu produk tertentu.

Jawabannya :

Perilaku pasar konsumen adalah kelompok individual (perorangan maupun rumah-tangga ) yang membeli dan mengkonsumsi barang dan jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluargannya, tidak untuk maksud lain.

Pengambialan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) seseorang dipengaruhi oleh factor personal dan sosialnya. Factor personal meliputi motivasi, persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap, dan kepribadian seseorang.
 Skema : factor-faktor pengaruh proses pengambilan keputusan



Perumusan masalah

Kebutuha  informasi

Evaluasi     alternatif

Pengambilan keputusan

Perilaku tindak-lanjut

                                  
            

Skema : model proses pengambilan keputusan

Contoh penerapannya :
Misalnya untuk proses pembelian susu atau makanan bayi sangat di pengaruhi oleh influencer, yaitu peranan bidang atau dokter anak.sehingga dapat melakukan promosi penjualan yang dilakukan di BKIA atau puskesmas melalui tokoh-tokoh medis.



5.      factor –faktor apa saja yang mempengaruh proses keputusan pembeli suatu produk / jasa dan berikan contoh penerapannya pada proses pengambilan keputusan pembelian suatu produk / jasa tertentu.

Jawabannya :

motivasi : dorongan (drive) internal untuk melakukan tindakan sesuatu sebagai usaha pemenuhan kebutuhan (needs)
persepsi : proses pemilihan, pengorganisasian, dan pengartian informasi berdasar pengalaman pribadi.
Pemahaman (learning) proses perubahan pemikiran atau pemahaman seseorang karena adanya pengalaman-pengalaman pribadi (diri sendiri maupun orang lain ) sebelumnya.
Kepercayaan ; deskripsi tingkat penerimaan pemikiran seseorang atassesuatu obyek atau gejala.
Sikap (attitude) : penilaian relative seseorang suatu obyek atau pemikiran tertentu secara konsisten.
Kepribadian (personality ) ; karakteristik psikologis yang relative konsisten terhadap respon akhir suatu obyek di lingkungannya.
Factor social : pengaruh-pengaruh eksternal terhadap keputusan seseorang. Factor-faktor tersebut meliputi peran seseorang di masyarakat dan hubungan social yang terdekat yaitu keluarga sampai kepengaruh budaya.
Peran dan status : kegiatan-kegiatan seseorang untuk menyatakan keberadaan atau yang di harapkan pada dirinya dalam lingkungannya.
Keluarga : kelompok terkecil dalam masyarakat yang meliputi orang tua dan anak-anaknya.
Kelompok referensi : kelompok yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi pembentukan perilaku dan sikap seseorang.
Klas social : tingkatan dari struktur klas masyarakat yang berjenjang dan relatif permanent dalam persamaan nilai, minat, dan perilaku.
Subkultur : kelompok masyarakat yang mempunyai kebersamaaan system nilai berdasarkan kesamaan situasi dan pengalaman hidupnya.
Kultur : system nilai, persepsi, kebutuhan, dan perilaku yang dipahami oleh setiap anggota masyarakat melalui keluarga atau kelompok penting lainnya

Contoh penerapannya :
Jika ingin membeli barang harus menentukan dibeli secara kredit atau tunai.