Pages

Minggu, 02 Oktober 2011

BAB 1 KONSEP ALIRAN SEJARAH KOPERASI


Nama : Putri Khoirunnisa
Kelas : 2EB06
Npm : 25210455

BAB 1
KONSEP ALIRAN SEJARAH KOPERASI
A.     Konsep aliran sejarah koperasi terbagi menjadi 3yaitu ;
-          Konsep Koperasi Barat
-          Konsep Koperasi Sosialis
-          Konsep Koperasi Negara Berkembang

1.      Konsep koperasi barat   
      Koperasi merupakan organisasi swasta, yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai persamaan kepentingan dengan maksud mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi maupun perusahaan koperasi.
Unsur – unsur positif konsep koperasi barat
-          Keingan individu dapat dipuaskan dengan cara bekerjasama antar sesame anggota, dengan saling membantu dan saling menguntungkan.
-          Setiap individu dengan tujuan yang sama dapat berpartisipasi untuk mendapatkan keuntungan dan menanggung risiko bersama.
-          Hasil berupa surplus/ keuntungan didistribusikan kepada anggota sesuai dengan metode yang telah disepakati.
-          Keuntungan yang belum didistribusikan akan dimasukan sebagai cadangan koperasi.

2.      Konsep Koperasi Sosialis
Koperasi yang di rencanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi untuk menunjang perencanaan nasional.menurut konsep ini koperasi tidak berdiri sendiri tetapi merupakan subsistem dari sistem sosialisme untuk mencapai tujuan-tujuan sistem-sosialis-komunis.



3.       Konsep Koperasi Negara Berkembang
   Koperasi sudah berkembang dengan cara tersendiri, yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya.Perbedaan dengan konsep sosialis, pada konsep sosialis tujuan koperasi untuk merasionalkan factor produksi dari kepemilikan pribadi pemilik kolektif sedangkan konsep koperasi Negara berkembang, tujuan koperasi Negara adalah meningkatkan kondisi social ekonomi anggota.
B.  Aliran Koperasi
           Menurut  paul Hubert casselman koperasi dibagi menjadi 3 aliran yaitu:
1.       Aliran Yardstick
Koperasi dapat menjadi kekuatan untuk mengimbangi dan menetralisasikan mengoreksi keburukan yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme.
2.       Aliran sosialis
Koperasi dipandang sebagai alat yang paling efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, koperasi merupakan alat pemerintah untuk menjadi bawahan pemerintah, koperasi ini tidak memiliki otonomi.
3.       Aliran persemakmuran
Koperasi berperan untuk mencapai kemakmuran masyarakat yang adil merata. Koperasi memegang peran uang utama dalam struktur perekonomian masyarakat. Hubungan dengan pemerintah bersifat kemitraan. Koperasi ini tetap memiliki otonomi dan juga pemerintah mempunai tanggung jawab untuk mengembangkan koperasi.








c.          Sejarah koperasi


 
Koperasi peratama kali dicetuskan oleh Rochdale dari inggris. Pada tanggal 21 desember 1944, sedangkan di Indonesia pada tahun 1896 seorang pamong praja patih R. Aria Wiria Atmaja dipurwokerto mendirikan sebuah bank untuk pegawai negeri. Dalam bentuk usaha simpan pinjam. Tujuan utamanya pada waktu itu adalah untuk membebebaskan pegawai pemerintah dari cengkraman lintah darat yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi.
Selanjutnya diteruskan oleh De wolffvan westerrode, seorang asisten residen Belanda. De Wolffvan Westerrode sewaktu cuti berhasil mengunjungi jerman dan menganjurkan akan mengubah Bank pertolongan Tabungan yang sudah ada menjadi Bank Pertolongan, tabungan dan Pertanian. Selain pegawai negeri juga para petani perlu dibantu karena mereka makin menderita karena tekanan para pengijon. Ia juga mengajurkan mengubah Bank tersebut menjadi koperasi. Disamping itu ia juga menganjurkan  untuk para petani mendirikan lumbung-lumbung desa untuk menyimpan pada musim panen dan memberikan pertolongan pinjaman padi pada musim paceklik. Ia pun berusaha menjadikan lumbung-lumbung itu menjadi Koperasi kredit padi. Tetapi pemerintah Belanda pada waktuitu berpendirian lain. Bank pertolongan, Tabungan dan Pertanian dan lumbung Desa tidak Dijadikan Koperasi tetapi pemerintah Belanda membentuk lumbung-lumbug desa baru, bank-bank desa, rumah gadai dan central kas yang kemudian menjadi Bank Rakyat indonesa(BRI). Semua itu dipimpin oleh orang-orang pemerintah.
Pada tahun1980 Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. sutomo memberikan Peranan bagi gerakan koperasi untuk memperbaiki kehidupan rakyat. Pada tahun 1915 dibuat peraturan Verordening op de Cooperatieve. Pada tahun 1927 dibentuk Serikat dagang Islam, yang bertujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi pengusaha-pengusaha pribumi. Kemdian pada tahun 1029, beridiri partai Nasional Indonesia yang memperjuangkan penyebarluasan semngat koperasi. Namun, pada tahun 1933 keluar UU yang mirip UU no.431 sehingga mematikan usaha koperasi untuk yang kedua kalinya.pada tahun 1942 jepang menduduki Indonesia. Jepang lalu mendirikan koperasi kumiyai. Awalnya koperasi ini berjalan mulus. Namun fungsinya berubah dratis dan menjadi alat jepang untuk mengeruk keuntungan, dna menyengsarakan rakyat Indonesia.
Sumber:  id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

soal pilihan ganda :
1. Ada berapa  aliran koperasi menurut paul Hubert casselman:
a. 2                                          c. 1
b. 3*                                        d. 4

2. Siapa yang mencetuskan pertama kali koperasi …
a. Rochdale*                           c. susilo
b. M.hatta                                d. sutomo

3. konsep aliran barat merupakan organisasi …
a. besar
b. swasta *
c. negeri
d. popular

4. Sistem kapitalis adalah suatu sistem yang harus diakhiri ini menurut sistem aliran…
 a. Yardstick                            c. sosialis*
b. Social                                  d. persemakmuran

5. Pada tahun 1896 yg mendirikan bank umum …
a. seorang pamong praja patih R. Aria Wiria Atmaja *                      c. prja patih
b. pamong                                                                                           d. aria winata