Pages

Senin, 22 November 2010

Perilaku Pasar konsumen


Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu.kegiatan-kegiatan perilaku meliputi tindakan, penilaian, keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan suatu produk.
            Profil dan perilaku pasar tidaklah selamanya akan tetap, selalu akan mengalami perubahan. Perilaku pasar kemarin akan berbeda dengan perilaku pasar sekarang. Dan akan berbeda pada perilaku dimasa yang akan datang. Dalam memahami profil dan perilaku pasar akan di jelaskan melalui tiga tahap. Dan saya akan menambil contoh dari perilaku saya sebagai pasar.
1. informasi statistik :
            Informasi statistik adalah digunakan untuk membantu menjawab siapa, apa, berapa, kapan dan dimana pembelian dilakukan. Melalui pertanyaan-pertanyaan itu maka akan terjawab produk yang dibeli adalah susu anlene. Yang membelinya adalah saya untuk orang tua saya. Harga yang ditawarkan relative murah seharga Rp. 23.500 .saya membeli produk tersebut di took eceran seperti alfa mart. Susu ini di beli 2 minggu sekali karena susu ini sudah menjadi kebutuhan pangan dari orang tua saya.
2. informasi psikolojik :
            Informasi psikolojik adalah digunakan untuk menjelaskan mengapa seseorang membeli atau menolak suatu produk. Karena meliputi peranan motivasi, persepsi pemahaman, sikap, kepercayaan yang mendasari seseorang untuk mengambil sebuah keputusan membeli atau tidak membeli. Orang tua saya membeli produk ini karena sudah terjamin khasiat dari susu ini. Bisa dibilang susu anlene ini sudah mejadi kepercayaan bagi orang tua saya untuk pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Dan susu anlene ini rasanya juga enak serta banyak disuaki para orang tua contohnya orang tua saya, dalam produk susu anlene ini diperkaya dengan vitamin A, D3, B1,B2, B5, B6, B12, kalsium, magnesium, fosfor ,seng, dan lodium, magnesium, fosfor dan seng ini sangat penting bagi tulang  supaya tidak terjadi keroposnya tulang pada masa tua nanti, jadi susu anle ini sangat bagus n cocok bagi oang tua saya dan orang tua lainnya.
3. informasi dinamika :
            Informasi dinamik adalah disini menjelaskan bagaimana proses pembelian terjadi. Proses pembelian merupakan proses individu utuk mengatasi persoalan yang di hadapi konsumen dalam usaha memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Saya membeli produk susu anlene ini karena susu anlene ini sangat dibutuhkan untuk orang tua saya. Susu anlene ini saya beli  ketika produk ini sudah habis dipakai. Saya membeli produk ini setiap 2 minggu dan ini sudah menjadi rutinitas bagi saya. Seiring berjalannnya waktu pasti adanya perubahan terhadap perilaku pasar dimasa sekarang maupun yang dimasa yang akan datang. Mungkin nanti dimasa yang akan datang akan ada lg susu yang memiliki kelebihan disbanding dengan susu anlene. Atau mungkin produk susu anle neini akan menjadi lebih bagus diterima masyarakat.
            Jadi intinya perilaku pasar tidak tetap selalu berubah- ubah dari masa sekarang ke masa yang akan datang.