Pages

Jumat, 03 Desember 2010

Analisis perilaku pasar konsumen

Nama : Putri Khoirunnisa
Kelas  : 1EB13
Npm   : 25210455

Analisis Perilaku pasar konsumen

            Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu terentu. Kegiatan-kegiatan perilaku meliputi tindakan penilaian, keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan sesuatu produk.
            Pemahaman terhadap profil dan perilaku pasar konsumen akan menjelaskan tentang :
  1. siapa, apa, berapa, kapan, dimana pembelian dilakukan ?
  2. mengapa suatu produk dibeli (ditolak) ?
  3. bagaimana proses pembelian terjadi ?

didalam menjawab pertayaan-pertanyaan diatas meliputi informasi statistic, informasi psikolojik, dan informasi dinamik. Didalam perilaku pasar tidak selamanya konstan atau tidak tetap selalu berubah-rubah dari masa sekarang ke masa yag akan datang. Pasar konsumen adalah kelompok individual ( perorangan mauun rumah tangga ) yang membeli dan mengonsumsikan barang dan jasa untuk kepentingan pribadi maupun
           
            pada tugas saat ini saya di tugasnya mengamati suatu produk yang dibeli oleh keluarga atau pun teman saya. Kali ini saya akan mengamati suatu produk yang dibeli oleh orang tua saya untuk kebutuhan pangan , produk tersebut adalah susu anlene, susu anlene ini biasa dibeli kedua orang tua saya di toko eceran seperti alfa, supermarket dan di toko-toko sembako. Pelayanan dari tempat pembeliannya pun sangat nyaman, strategis dan sangat terjangkau harganya. Susu anlene selain disenangi oleh kedua orang tua saya, susu anlene ini banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia karena susu ini membantu masyarakat Indonesia mengurangi masa osteoporosis. Susu Anlene ini berguna bagi kedua orang tua saya karena kegunaannya membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang. Selain itu menurut kedua orang tua saya rasanya enak, manis, membuat badan menjadi segar dan sangat bagus untuk kepadatan tulang. Untuk susu Anlene yang 250 g untuk umur 19 – 50 tahun per dus susu Anlene ini berharga  Rp. 23.500, orang tua saya biasa membeli di toko eceran seperti alfa mart dengan membayarnya dengan cash atau tunai karena harganya sangat terjangkau untuk kalangan remaja atau pun orang tua.
            Mengapa kedua orang tua saya mengambil keputusan untuk membeli produk Susu anlene karena Susu Anlene  bisa dibeli secara tunai dan gampang dicari oleh masyarakat. Disamping itu menurut orang tua saya pun susu ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh para remaja maupun orang tua yang sudah memasuki masa usia mulai senja jadi susu ini sangat sekali di butuhkan para masyarakat untuk memperhatiakn kesehatannya. Sesudah kedua orang tua saya membeli produk susu anlene ini mereka bisa menanyakan seperti keluhan, serta informasi-informasi untuk asupan gizi yang baik untuknya, informasi gizi anlene bisa telepon ke 0800-18-21052.
            Didalam membeli suatu produk pasti ada faktor-faktor yang meliputinya yaitu seperti motivasi, sikap kepercayaan, pemahaman, konsep diri, kebudayaan, kelas social, persepsi. Motivasi kedua orang tua saya memilih produk susu anlene ini karena sudah terjamin khasiatnya dan banyak diterima oleh kalangan masyarakat tertentu.persepsi kedua orangtua saya membeli susu Anlene karena pemilihan yang bagus dan produk ini di informasiakan sangat baik. Produk susu Anlene ini sangat di percaya oleh kedua orang tua saya karena sudah terbukti kebagusan dari produk ini serta masyarakat Indonesia pun sudah banyak yang menikmati hasil dari khasiat susu ini.proses pembelian susu anlene ini sangat berpengaruh terhadap influencer, yaitu peranan terhadap dokter, sehingga promosi penjualan yang dilakukan bisa di apotek, puskesmas atau rumah sakit melalui tokoh-tokoh medis sangat berpengaruh terhadap penjualan susu anlene ini. Seiring berjalannnya waktu pasti adanya perubahan terhadap perilaku pasar dimasa sekarang maupun yang dimasa yang akan datang. Mungkin nanti dimasa yang akan datang akan ada lagi susu yang memiliki kelebihan dibanding dengan susu anlene. Atau mungkin produk susu anlene menjadi produk yang lebih baik diterima masyarakat Indonesia,oleh karena itu orang tua saya memilih produk susu Anlene ini.